Rabu, 08 Maret 2017

Legenda Timun Mas



Nama : Nadhifa Ramadhani Puspitarini
Kelas : 1PA08
Npm : 15516250
Jurusan PSIKOLOGI
Mata Kuliah : Ilmu Alamiah dan Matematika Dasar
Hai guys,,,
Bertemu lagi dengan saya Nadhifa, sekarang semester 2 dengan mata kuliah yang berbeda.. yups! untuk memenuhi tugas mata pelajaran yaitu Ilmu alamiah dan matematika dasar.
     Kali ini saya mau bahas tentang Cerita Rakyat, Legenda beserta salah satu contoh ceritanya..
Kalian dulu pastinya pernah membaca, mendengarkan atau menonton cerita rakyat, seperti dongeng, fabel, jenaka dan legenda (asal usul) kan? Selain itu saya akan membahas salah satu Legenda yang berasal dari Jawa Tengah nih.. Yuk simak!

  Pertama kita bahas dulu nih Cerita Rakyat itu apa sih ?
      Menurut saya cerita rakyat itu berasal dari masyarakat dan berkembang dalam masyarakat pada masa lampau, yang menjadi ciri khas suatu bangsa yang mempunyai kultur budaya yang beraneka ragam mencakup kekayaan budaya dan sejarah bangsa. Biasanya cerita rakyat diwujudkan dalam bentuk Binatang, Manusia, dan Dewa.

     Selain itu, Unsur – unsur Cerita Rakyat
ü  Tema : Dasar dalam membuat suatu Cerita.
ü  Alur : Tahap-tahap yang terjadi di cerita, ada 5 tahap.
ü  Latar : Keterangan waktu, ruang, suasana yang terjadi.
ü  Tokoh : Pelaku dalam sebuah cerita.
ü  Amanat / Makna : Pesan atau hikmah apa yang bisa di ambil.


Nah, di atas kan saya sudah membahas tentang arti Cerita Rakyat. Sekarang saya mau menyebutkan beberapa contoh Legenda yang ada di Indonesia.


ü  Malin Kundang
ü  Bawang Merah Bawang Putih
ü  Cinderalas
ü  Nyi Roro Kidul
ü  Ande – Ande Lumut
ü  Lutung Kasarung
ü  Jaka Tarub
ü  Sangkuriang
ü  Timun Mas
ü  Si Pitung
ü  Candi Prambanan / Roro Jonggrang

   Seperti yang telah saya singgung di atas, saya akan membahas tentang salah satu cerita rakyat yang berasal dari Jawa Tengah, kira kira apa ayo? Hmmmmm…. Roro Jonggrang? Salah! Joko Tingkir? Bukan! Ayoo.. tebak lagi, Timun Mas? yup benar sekali saya akan membahas tentang Timun Mas, pada penasaran kan Timun Mas uh ceritanya kayak apa? Yuk dilihat dan dibaca ;)

Timun Mas


   Pada jaman dahulu, ada seorang janda yang tidak mempunyai anak bernama Mbok srini. Ia tinggal di sebuah desa dekat hutan. Setiap hari ia berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar di karuniai seorang anak. Suatu hari ia pergi ke hutan, ia di datangi raksasa yang memberikan biji mentimun.


  


   Raksasa itu mengatakan bahwa ia akan di karuniai seorang anak perempuan dari biji mentimun itu. Tetapi, raksasa itu memberikan syarat kepada Mbok Srini, “Pada saat berusia 17 tahun anak itu harus di serahkan kepadaku” kata Raksasa. Karena Mbok Srini sangat menginginkan seorang anak,  maka dia setuju dengan syarat itu.

   Kemudian, Mbok Srini pulang ke rumah dan menanam biji timun. Setelah beberapa waktu, tanaman  mentimun itu berbuah satu berwarna emas. Ia membelah buah itu dan dia kaget isinya bayi perempuan. Anak itu ia beri nama Timun Mas.

  Singkat cerita, tahun demi tahun berlalu, Timun Mas tumbuh menjadi gadis yang sangat cantik dan baik, Mbo Srini sangat bangga kepadanya.  Suatu malam Mbok Srini bermimpi di datangi raksasa. Raksasa seminggu lagi akan datang menagih janjinya untuk menjemput Timun Mas. Mbok Srini ketakutan sehingga ia menemui patapa sakti. Patapa sakti itu memberikan 4 bungkus yang berisi biji mentimun, jarum, garam dan terasi.

  Seminggu kemudian, Mbok Srini meminta Timun Mas untuk pergi. Raksasa datang dan berlari mengejar Timun Mas ke dalam hutan. Raksasa semakin dekat. Timun Mas segera membuka bungkusan pertama, sekelilignya berubah menjadi ladang timun yang menghambat Raksasa, saat akan tertangkap ia membuka bungkusan kedua, dalam sekejap sekelilingnya menjadi pohon dengan ranting dan duri yang tajam memerangkap raksasa. Raksasa berteriak kesakitan, tetapi terus mengejar meski terluka.  Sementara Timun Mas berlari menyelamatkan diri, dan kembali mengambil bungkusan ketiga. Daerah sekitar berubah menjadi lautan luas. Namun, Raksasa itu bisa melewatinya.

Dengan ketakutan, Timun Mas melempar bungkusan terakhir. Seketika sekelilingnya berubah menjadi lautan lumpur yang mendidih, Raksasa pun tercebur dan tewas seketika. Akhirnya selamatlah Timun Mas. Ia akhirnya menemui ibu nya dan mereka hidup bahagia.


Sumber:
Na'an Ongky S. dan Fatiharifah. 2016. Dongeng Nusantara dari Sabang sampai Marauke. Saufa Kid's. Bangutapan, Jogjakarta.







1 komentar: