Rabu, 30 Oktober 2019

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI


ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN MENU DENGAN PERANGKAT NIRKABEL PADA CAFE RESTO LUCCK EAT. 
Oleh: Chandy, Dr. Ing. Kondar Siahaan

            Pada saat ini terdapat berbagai macam restoran yang dapat ditemui. Persaingan antara restoranpun terjadi, demi menjaga kualitas dan reputasi pemilik restoran meningkatkan mutunya mulai dari segi aneka makanan, harga yang bersaing, serta pelayanan terhadap pelanggan. Restoran yang baik harus memiliki faktor pelayanan yang baik serta penyajian makanan yang cepat dan benar yang diinginkan oleh pelanggan. Pada saat situasi dimana keadaan restoran ramai akan pelanggan, para pelayan dituntut bekerja dengan cepat melayani pemesanan pelanggan dan mengantarkan pesanan. Dengan dituntut bekerja cepat para pelayan terkadang hilang konsentrasi kerja yang akibatnya timbul kesalahan, seperti salah mengantarkan pesanan makanan ke meja pelanggan akibat tertukarnya menu pesanan, pencatatan menu yang masih manual, serta pesanan makanan yang lupa disajikan.  Pada akhirnya kesalahan – kesalahan yang terjadi akan mengganggu proses penyajian, sehingga berdampak pada reputasi dari restoran tersebut.
            Cafe Resto Lucck Eat merupakan tempat usaha di bidang kuliner dimana berlokasi di daerah Talang Banjar Jambi. Cafe Resto Lucck Eat menawarkan menu yang lain dari pada rumah makan biasanya karena semua menu yang mereka sajikan merupakan makanan vegetarian. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk menganalisis dan merancang  Sistem Informasi Pemesanan Menu dengan Perangkat Nirkabel pada Cafe Resto Lucck Eat.
        
       Metode penelitian lapangan menggunakan observasi  dan wawancara serta alat bantu UML (unified modeling language) yang terdiri dari usecase diagram, activity diagram dan class diagram. Serta menggunakan model waterfall sebagai metode pengembangan sistem. Untuk membantu dalam pelaksanaan penelitian ini, maka perlu adanya alur penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut:
  1. Identifikasi Masalah.
  2. Studi Literatur.
  3. Pengumpulan Data.
  4. Analisis Sistem.
  5. Pembuatan Laporan.

Bahan yang dibutuhkan dalam penelitian data yang akan digunakan dalam sistem penggajian adalah :
  1. Data Karyawan          : Data ini sebagai acuan untuk mengetahui jabatan karyawan.
  2. Data Menu Makanan : Data ini yang akan ditampilkan ke aplikasi pemesanan. 
  3. Data Transaksi           : Data ini sebagai hasil akhir dari proses pemesanan.
         
        Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis sistem yang telah berjalan maka dirancang lah diagram usecase untuk menghasilkan pengolahan data pesanan dan transaksi yang efektif dan efisien pada Cafe Resto Lucck Eat. Setelah itu dirancanglah activity diagram untuk menggambarkan proses alur logika dari program dan untuk menggambarkan struktur sistem dari segi pendefinisian kelas-kelas yang akan dibuat dalam membangun sistem dirancanglah class diagram.
            Kelebihan dalam penelitian ini, yaitu pembahasannya jelas serta dilampirkan flowchart dan halaman menu utama (pemilik) berupa foto. Adapun kelemahan dalam penelitian ini, yaitu dalam pemesanan menu yang masih manual pada Cafe Resto Lucck Eat dikarenakan belum adanya aplikasi yang mampu melakukan pengolahan data pesanan dan transaksi dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sehingga menghasilkan pengolahan data yang efektif dan efisien.

Nama : Nadhifa Ramadhani P.
Npm  : 15516250 
Kelas : 4PA14 

Chandy, D, I & Siahaan, K. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Menu Dengan Perangkat Nirkabel Pada Cafe Resto Lucck Eat. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 3(2) 1021-1029.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar